Program Studi Ilmu Komunikasi

Kampus 1 : Jl. Kapas 9, Semaki Yogyakarta 55161

Kampus 2 : Jl. Pramuka 42, Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta 55161, Telp. +62 274 6692188 ext.2117, +6282243425310

Kampus 5 : Jl. Ki Ageng Pemanahan 19 Sorosutan Yogyakarta

Universitas Ahmad Dahlan

" Moral and Intellectual Integrity "

MOKA "I LIKE"

7 February 2015 Oleh fakultas Kategori Berita

YOGYAKARTA-Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi mengadakan MOKA (Malam Orientasi Komunikasi Ahmad Dahlan). Para mahasiswa yang mengikuti MOKA sangat antusias dengan susunan acara yang telah dibuat oleh para panitia.

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi yang mengikuti MOKA adalah mahasiswa angkatan 2014/2015.Acara MOKA sendiri diadakan pada  tanggal 8-9 November 2014 di Desa Wisata Pulesari, Kecamatan Turi, Sleman, Yogyakarta. MOKA sendiri diadakan untuk lebih mengakrabkan para mahasiswa yang berasal dari daerah yang berbeda.

Acara MOKA sendiri dibuka dengan sambutan dari Kaprodi Ilmu Komunikasi Rendra Widyatama, S.IP., M.SI. Serta dilanjutkan sambutan dari kepala pengelola Desa Wisata pulesari serta ketua panitia MOKA 2014 Restu Putra Tegar. Setelah itu dilanjutkan dengan workshop oleh Indah Wenerda mengenai tata cara fotografi. Ada dua rangkaian kegiatan utama yang di jalani. Pada malam pertama ada jelajah malam dan kemudian dilanjutkan dengan outbond pada keesokan harinya yang sangat menarik bagi para peserta MOKA.

Pada acara jelajah malam para peserta sangat antusias disamping mengakrabkan juga di sana di ajarkan tentang kebersamaan dan saling menjaga satu sama lain. Sebelum Kegiatan jelajah malam  di mulai ada pembakaran api unggun dan juga pentas seni serta pembagian kelompok untuk kegiatan jelajah malam. Kegiatan jelajah malam sendiri dimulai sekitar pukul 21.00. Diawali start dari pendopo dan finish juga pendopo. Kegitan jelajah malam ini,  rutenya melewati perkebunan-perkebunan salak milik warga setempat. Karena melewati perkebunan-perkebunan salak jelajah malam, ini jadi sangat menantang. Para peserta harus waspada karena sepanjang kanan kiri rute yang dilewati peserta banyak duri salak. Dalam rute jelajah malam kali ini terdapat 6 pos yang harus peserta lalui. Di setiap pos para peserta diberikan instruksi yang harus di ikuti. Dalam kegiatan ini setiap peserta harus menjaga satu sama lain, kerena rute yang dilewati cukup berbahaya. Kegiatan jelajah malam berakhir pada pukul 01.30 WIB dini hari.

Keesokan harinya para peserta melakukan senam pagi pada pukul 07.00 WIB dan kemudian di lanjutkan dengan games dan di lanjutkan dengan acara utama yang kedua yaitu outbond. Kali ini peserta dan panitia terjun untuk bersenang-senang menyusuri sungai dengan berbagai rintangan yang sangat menantang. Banyak kegiatan yang sangat berkesan di kegiatan MOKA ini. “MOKA itu acara yang paling keren dan hebat karena dapat mengenal teman lebih banyak sehingga dapat lebih akrab satu sama lain, Selain itu acara ini bisa untuk ajang bertukar pikiran atau bertukar informasi, mulai dari sesama angkatan ataupun beda angkatan, selain itu juga acara ini bisa untuk ajang mencari  jodoh (hahaha),” ungkap Kiagus Abiasa salah satu peserta MOKA 2014. 

Acara MOKA kali ini memang sangat luar biasa. Namun sangat disayangkan karena tidak semua mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2014/2015 bisa mengikuti acara MOKA kali ini dengan berbagai alasan. Tetapi acara MOKA kali ini, bisa dibilang sukses karena dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan oleh panitia. Itu juga berkat kerja keras para panitia yang telah merencanakannya satu bulan sebelum acara dilaksanakan. Acara MOKA berakhir pada hari minggu, 8 November 2014. Acara penutupan MOKA 2014 di adakan di pendopo desa wisata pulesari. Dalam penutupan MOKA ada penghargaan atau award bagi panitia dan juga salam perpisahan serta ucapan terima kasih dari kepala pengelola desa wisata pulesari. (DE, AR, SD)

Tuliskan Komentar Anda

* Wajib diisi