Sabtu, 16 November – Minggu, 17 November 2019 kemeriahan penyambutan mahasiswa baru Ilmu Komunikasi universitas Ahmad Dahlan terekam dalam malam keakraban (Makrab) yang bertempat di Lor Serambi, Kaliurang, Yogyakarta. Kegiatan yang diikuti oleh 265 mahasiswa Ilmu Komunikasi ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan mengakrabkan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi.

Kegiatan yang bertema Serasi (Srawung Ilmu Komunikasi) ini memiliki arti secara bahasa yaitu selaras atau sejalan. Srawung sendiri memiliki arti berkumpul bersama dan berbincang-bincang menghasilkan makna.

Dalam kegiatan ini mahasiswa baru mengikuti beberapa kegiatan yaitu Pentas Seni, Tracking, Api Unggun dan Outbound hingga penutupan. Ketua Panitia Makrab Aziz mengaku kegiatan ini tidak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya hanya saja terdapat penmbahan sesi pengenalan budaya Indonesia saat tracking untuk menambah wawasan mahasiswa baru.

Sebelumnya mahasiswa baru akan mengikuti Technical Meeting di Auditorium Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan pada Minggu, 10 November 2019 untuk mengetahui aturan dan barang bawaan selama makrab berlansung. Kemudian dilanjutkan dengan seminar mengenai konsentrasi Ilmu Komunikasi yaitu Broadcasting dan Public Relation yang disampaikan oleh M. Najih Farihanto selaku Kaprodi Ilmu Komunikasi sekaligus Dosen Ilmu Komunikasi konsentrasi Public Relation dan Fajar Dwi Putra selaku Dosen Ilmu Komunikasi konsentrasi Broadcasting

Menurut Nanda Wira Atmaja sebagai peserta ia mengikuti makrab untuk menambah relasi dan pengalaman serta mengenal lebih jauh Program Studi Ilmu Komunikasi. Tidak hanya mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan ini namun juga dosen Ilmu Komunikasi, Organisasi Mahasiswa dan Komunitas Ilmu Komunikasi.