MENGUPAS PELUANG KARIR DI DUNIA INDUSTRI KREATIF, HIMAKOM GELAR SOSIALISASI PUBLIC RELATIONS DAN BROADCASTING
Yogyakarta, 3 Januari 2025
Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan (HIMAKOM UAD) kembali mengadakan kegiatan sosialisasi PR dan BC yang ditujukan bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 3 Januari 2025 di ruang serbaguna lt.10 kampus 4 UAD. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan lebih dalam mengenai dua konsentrasi, yaitu Public Relations (PR) dan Broadcasting (BC), serta memberikan gambaran tentang peluang karir di dunia industri kreatif.
Dengan bertemakan “Peran Public Relations dan Broadcasting Guna Meningkatkan Peluang Karir di Era Modernisasi”, kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi yang menghadirkan empat pembicara dari kalangan akademisi dan alumni. Pada setiap sesi diakhiri dengan tanya jawab antara narasumber dan pembicara. Sesi pertama dibuka oleh Indah Wenerda, S.Sn., M.A yang merupakan dosen broadcasting dan Dr. Muh. Najih Farihanto, S.I.Kom., M.A sebagai dosen PR. Sesi kedua diisi oleh Muhammad Sholehin yang merupakan alumni PR yang kini bekerja di News Media Group (MNC Group) sebagai corporate secretary dan Made Ivan Mandalika sebagai alumni broadcasting yang kini bekerja sebagai director and script writer di beberapa project, salah satunya yaitu MV HINDIA berjudul “Satu Hari Lagi” dan MV Putri Ariani berjudul “Crown”. Sesi ini kemudian menjadi sesi terakhir sekaligus penutup pada acara kali ini.
Para mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini berasal dari angkatan 2023 dan 2024 yang nantinya akan memilih konsentrasi antara PR dan BC di semester 5. Ketua pelaksana acara, yaitu Al Isra menjelaskan bahwa dengan adanya sosialisasi ini diharapkan para mahasiswa yang nantinya akan memilih konsentrasi tidak lagi bingung dalam memilih antara Public Relations (PR) atau Broadcasting (BC).
“Tujuan acara ini untuk memberikan gambaran kepada para mahasiswa khususnya angkatan 2023 dan 2024 yang nanti akan memilih konsentrasi di semester 5, jadi biar mereka ga bingung lagi. Harapannya setelah mereka ikut sosialisasi ini, mereka sudah tau tujuannya mau kemana”.
Dengan adanya sosialisasi Public Relations dan Broadcasting yang diadakan oleh HIMAKOM UAD, diharapkan mahasiswa dapat memahami lebih dalam mengenai kedua konsentrasi ini dan dapat mengetahui passion mereka sehingga tidak salah dalam memilih nantinya. – Humas Prodi – ZDAK